Web Developer adalah perancang sebuah website / www. Web Developer merancang sebuah website dari awal sekali, menciptakan coding dsb, atau bisa juga seorang Web Developer mengembangkan sebuah website yang sudha ada. Web Developer bisa bekerja secara terikat dengan perusahaan, atau menjadi pekerja lepas (freelancer).

Beberapa orang memilih web developer sebagai pekerjaan sampingannya. Dengan bayaran dimulai dari 500rb sampai puluhan juta untuk mereka yang sudah expert. Web developer sendiri dibagi menjadi 3 bagian yaitu:

1. Front-End Developer
Bertugas mewujudkan tampilan utama dari sebuah platform yang nanti nya tempat berinteraksi antar website atau aplikasi dengan penggunanya.

2. Back-End Developer
Bertugas mengelola server website atau aplikasi dan memastikan kualitas dari performanya selalu baik

3. Full-Stack Developer
Bertugas mengembangkan tampilan dan fitur dari website atau aplikasi, sekaligus mengoptimalkan kecepatan dan keamanan pada servernya.

Untuk modal sendiri, menjadi seorang web developer biasanya membutuhkan paling sedikit 300rb untuk membayar domain dan hosting.

Nah lalu bagaimana untuk bayarannya??
Biasanya untuk pengerjaan sebuah web dilakukan berdasarkan permintaan dari client itu sendiri. Semakin banyak dan sulit permintaannya maka semakin tinggi juga bayaran yang akan diterima oleh web developer itu. Di Indonesia rata rata bayaran yang diterima oleh web developer 4-7jt untuk setiap project. Jadi, apa kamu tertarik untuk memulai bisnis ini?

Sumber ilustrasi: Badoy Studio

Penulis: Dini Hartini

 216 total views,  3 views today