Halo sahabat Visinews, Untuk sebagian orang yang memiliki keberanian tinggi dan sudah terbiasa berbicara di depan banyak orang, hal tersebut bukanlah sebuah masalah. Namun, bagaimana jika kita masih tidak percaya diri saat berbicara didepan umum?

Sebelumnya, Orang yang kurang percaya diri memiliki gejala (tanda-tanda) seperti:

  • Terlalu mudah frustasi (putus asa)
  • Tidak memiliki tujuan yang diperjuangkan dengan sungguh-sungguh
  • Kurang motivasi (semangat)
  • Melakukan sesuatu dengan setengah-setengah
  • Canggung untuk menghadapi orang
  • Memiliki harapan yang tidak realistis (berlebihan)
  • Sensitif secara berlebihan (mudah tersinggung)
    Terlalu perfeksionis

Adapun orang yang percaya diri :

  • Jiwa mereka memiliki perasaan dan pikiran yang positif
  • Memiliki keyakinan yang kuat
  • Berwawasan luas.

Maka dari itu, kepercayaan diri itu pada dasarnya munculnya dari proses yang panjang, tetapi dalam suatu kondisi Anda juga bisa memunculkan rasa percaya diri dalam sekejap.

Berikut, Visinews merangkum Cara Membangun Percaya diri.

1. Bergaul dengan Orang yang Percaya Diri

Dapat dikatakan bahwa rasa percaya diri ini bisa menular. Sehingga ketika Anda berada di tengah-tengah orang-orang yang memiliki sifat percaya diri yang kuat, maka Anda pun menjadi lebih mudah untuk percaya diri.

Maka, bergaul dengan teman yang memiliki semangat berusaha yang kuat, bisa berpikir positif terhadap sesuatu, optimis, dan juga rendah hati.

Memiliki teman yang rendah hati (tidak sombong) adalah hal yang penting, karena siapa juga yang mau berteman dengan orang yang sombong?

So, berhati-hatilah dalam memilih teman, Anda harus cerdas dalam memilih teman yang nantinya bisa memberikan dampak positif bagi diri Anda.

2.  Mudah Tersenyum

Dengan tersenyum, dapat memunculkan rasa percaya diri dan menghilangkan kecanggungan atau rasa gugup. Dengan tersenyum maka akan membuat diri Anda nantinya merasa lebih baik.

Disamping itu, tersenyum memiliki keterkaitan erat dengan pikiran dan perasaan positif. Tersenyum juga akan meningkatkan hormon endorphin di dalam tubuh.

Namun, terseyum juga harus dilakukan pada kondisi yang tepat tentunya, sehingga tidak selalu dilakukan. Untuk hal ini, dengan seiring waktu maka mudah untuk dipahami dan dikuasai.

3. Jangan Melabeli Diri dengan Label Yang Buruk

Kadang, kita tidak pernah meyadari bahwa yang yang sering membully kita adalah diri kita sejdiri. Melabeli diri sendiri dengan label yang tidak baik, seperti:

  • Aku tidak berbakat
  • Aku tidak pintar
  • Aku tidak menarik
  • Aku tidak pantas
  • Aku tidak sehebat orang lain
  • Aku tidak bisa apa-apa

Dan lainnya…

Hilangkan pikiran negatif seperti itu, karena tidak ada gunanya dan hanya merugikan diri sendiri saja.

Tidak perlu mengeksploitasi kekurangan-kekurangan yang ada di dalam dirimu sendiri. Justru yang perlu kamu lakukan adalah menggali potensi-potensi yang ada di dalam dirimu.

Semua orang memiliki potensi dalam kemampuan tertentu, dan kamu pun memilki potensi, maka galilah potensi tersebut dan kembangkan.

Kamu bisa mulai dari sekarang memanfaatkan kemampuan yang kamu miliki, setiap orang pasti memiliki kelebihan.

Selain itu, dari sekarang mulailah untuk tidak melabeli diri sendiri dengan hal yang buruk, justru kamu harus memberikan motivasi ke dalam dirimu sendiri.

4. Renungkan Hal-hal Apa Saja Yang Bisa Membuatmu merasa istimewa

Seseorang juga harus mengenal lebih dalam mengenai dirinya sendiri, sehingga nantinya dapat menggali berbagai potensi yang dimilikinya. Tanyakan hal ini pada diri Kita sendiri. Siapakah diri kita? apa yang kita miliki?

Maka dengan pertanyaan seperti itu, akan membuat seseorang akan terpacu untuk introspeksi diri, serta secara otomatis orang tersebut akan mengenal dirinya lebih dalam lagi. Untuk mencari potensi maka umumnya adalah hal-hal disenangi dan mampu dilakukan secara rutin.

Kadang-kadang memang orang lain yang sudah berpengalaman dan berwawasan luas bisa lebih tahu tentang hal yang bermanfaat untuk diri kita, sehingga kita bisa bertanya kepadanya (atau meminta masukan) tentang apa potensi yang kita miliki sebenarnya.

6. Memandang Secara Adil

Manusia itu sebenarnya diciptakan dengan sama derajatnya, walaupun manusia lahir dari kalangan yang berbeda. Tetapi pada dasarnya manusia memiliki haknya masing-masing. Sehingga jika ada orang yang salah maka katakan salah, jika benar maka katakan benar.

Membiasakan memandang semua manusia dengan kaca mata yang sama, tidak membeda-bedakan, sehingga hal ini akan membuat kamu bisa bertindak adil. Percayalah dengan bersifat adil maka hidupmu nantinya lebih mudah untuk dijalani. Ini adalah sesuatu keajaiban yang sangat luat biasa.

 606 total views,  3 views today