Bogor, visinews.net – Komunitas Stand Up Comedy lintas Bogor Raya yang terdiri dari Stand Up Indo Bogor, Stand Indo Bogor Barat, Stand Up Indo Bojonggede, Stand Up Indo Cibinong, dan Stand Up Citeureup sukses menggelar kompetisi Stand Up Comedy bagi para komika Se-Bogor Raya yang bertajuk ‘Buitenjokes Competition’ dengan babak final di Circuloo Cafe, Kota Bogor.

Stand Up Indo Bogor Barat mengirimkan 2 komika yaitu Byan Alfatih dan Engkar Setiakawan. Keduanya berhasil mengocok perut para juri dan penonton.

Pada kesempatan kali ini, Engkar Setiakawan sukses meraih juara II kompetisi tersebut.

Engkar, mengungkapkan bahwa perasaannya tidak menyangka jika melihat peserta dari komunitas lain yang memang tahu dari segi penulisan materi.

“Sebenarnya, saya di buitenjokes ini hanya ingin sekedar tampil dan memberikan yang terbaik. Apalagi saya tampil di urutan terakhir sebagai headliner dari pesert,” ungkapnya.

Ia juga menuruttkan, menjadi komika penutup itu membuatnya grogi, karena melihat peserta sebelumnya yang bagus dan keren.

“Dari awal niatnya hanya ingin menghibur dan alhamdulillah ledakan-ledakan tawa penonton membuat saya senang dan bisa melalui itu semua dengan santai. Bahkan saat audisi pertama di internal komunitas, saya hampir frustasi karena sulit menemukan materi dengan tema Bogor. tapi berkat dukungan dari teman-teman komunitas, akhirnya saya sampai sejauh ini bahkan nyaris juara,” pungkasnya.

Menurut Engkar, mungkin ini hadiah dari usahanya selama 5 tahun ada di kesenian stand up comedy.

“Jika berbicara tipsnya, lebih ke sadar saja apa yang ingin diangkat. Teorinya masih kita bisa dapatkan di youtube dan komunitas Standup Indo yang bisa jadi tempat untik belajar bersama. Kemudian untuk komika yang baru, lucu itu bonus dan ketika kita sering tampil open mic semua akan juara pada waktu nya,” jelasnya.

Terakhir, Engkar mengucapkan  terima kasih kepada teman-teman Stand Up Indo Bogor Barat yang telah memberikan support dan kesempatan baginya untuk mewakili  di Buitenjokes Competition, serta kepada BEM ITB Vinus Bogor yang telah memberikan kesempatan untuk tes materi Stand Up Comedy pada acara PA2BK ITB Vinus Bogor.

Diketahui, sebelum menuju final, para komika diseleksi terlebih dahulu melalui kompetisi internal masing-masing komunitas di Bogor Raya, yang berlokasi di Circuloo Cafe, Kode Coffee, Bekjul Coffee, Moha Coffee and Space, dan Pondok Hijau Coffee Shop.

 171 total views,  3 views today