BOGOR, VISINEWS.NET – Beberapa waktu lalu sempat viral Sebuah video yang menampilkan adanya orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek) secara online yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa dari Universitas Surabaya ( Unesa) viral di media sosial pada Senin (14/9/2020).

Adapun pengunggah video yakni akun Twitter bernama Dante, @skipberat yang hingga kini, unggahan tersebut telah ditonton sebanyak lebih dari 3,9 juta kali dan telah disukai sebanyak lebih dari 24.900 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Dalam video berdurasi 29 detik itu, terlihat seorang mahasiswa baru (maba) yang sedang ditanyai oleh tiga orang yang diduga sebagai panitia ospek.

Mereka menanyakan apakah maba tersebut memakai ikat pinggang atau tidak.

“Ikat pinggangmu mana?” ujar salah satu pria dalam video kepada mahasiswa baru tersebut.

“Ikat pinggang diperlihatkan,” ujar pria lain.

“Enggak ada, kak,” jawab mahasiswa baru tersebut.

Mengetahui jawaban itu, seorang perempuan diduga salah satu panitia ospek menanyakan apakah mahasiswa baru tersebut sudah membaca tata tertib Pengenalan Kehidupan Kampus untuk Mahasiswa Baru ( PKKMB) Unesa atau belum.

Adapun sikap tiga orang yang diduga panitia ospek atau PKKMB ini dinilai kurang baik. Sebab, mereka menyampaikan pertanyaan tersebut dengan sikap ketus dan galak.

Bagaimana penjelasan Unesa mengenai viralnya video PKKMB online tersebut?

Dilansir dari KOMPAS.com, Rektor Unesa, Prof Dr Nurhasan mengungkapkan bahwa pihaknya sangat menyayangkan atasadanya video mahasiswa Unesa saat melakukan PKKMB yang viral di media sosial tersebut.

“Kami menyayangkan kejadian tersebut, namun juga mengakui adanya kesalahan dalam koordinasi pelaksanaan PKKMB pada salah satu fakultas di Unesa,” ujar Nurhasan seperti dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (15/9/2020).

Terkait penanganan tindakan PKKMB online ini, pihaknya bersama pimpinan kemahasiswaan dari fakultas terkait telah memberikan evaluasi skelaigus bimbingan kepada mahasiswa yang bersangkutan dan diselesaikan secara kekeluargaan.

 694 total views,  3 views today