Bogor – Sumber mata air di Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berkurang dan membuat ratusan warga kesulitan mendapatkan air bersih. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Muhammad Adam Hamdani mengatakan hal itu dikarenakan intensitas hujan menurun.

“Dikarenakan intensitas hujan yang menurun di wilayah tersebut, sehingga mengakibatkan sumber mata air warga berkurang, dan warga kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih setiap harinya,” kata Adam dalam keterangannya, Sabtu (8/6/2024).

Terdapat dua kampung yang terdampak, yaitu Kampung Citeko dan Citeko Panjang. Adam mengatakan pihak BPBD membantu penanganan dini dengan distribusi air bersih.

“Volume 10 ribu liter air bersih, dengan lokasi pengisian 5.000 liter di kantor BPBD dan 5.000 liter air curah,” jelasnya.

Adam menyebut di Kampung Citeko ada 405 jiwa yang terdampak kekurangan air. Sementara itu, di Kampung Citeko Panjang, ada 480 jiwa. la memastikan air telah didistribusikan dan kebutuhan telah terpenuhi.

Sumber berita dan gambar: news.detik.com

Loading