BOGOR, VISINEWS.NET – Presiden Jokowi telah mencabut lampiran Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 yang mengatur pembukaan investasi baru industri miras yang mengandung alkohol.

Jubir Wapres Ma’ruf Amin mengungkapkan, Wapres Ma’ruf Amin menjadi salah satu pengusul atas dicabutnya lampiran perpres terkait investasi miras itu.

Masduki juga mengatakan Wapres Ma’ruf Amin sempat melakukan pertemuan bersama Presiden Jokowi untuk menguatkan tekad Jokowi mencabut lampiran perpes soal investasi miras. Ia menilai Wapres Ma’ruf Amin.

“Salah satunya. Mengusulkan ya. Wapres mengusulkan agar dicabut karena memang itu berdasarkan aspirasi hasil koordinasi antara wapres dengan pimpinan-pimpinan ormas,” kata jubir Wapres, Masduki Baidlowi, dikutip dari Kompas, Rabu (3/3/2021).

“Dan sebelum dicabut wapres bertemu 4 mata, membicarakan, menguatkan terhadap yang sudah menjadi masukan dari berbagai kelompok masyarakat dari menteri dan semuanya kepada presiden, sehingga presiden sangat yakin ini memang mesti dicabut,” lanjutya.

Diketahui, Wapres Ma’ruf Amin tidak mengetahui adanya lampiran perpres soal investasi miras sebelum aturan tersebut ramai diperbincangkan di media. Masduki mengatakan Ma’ruf Amin juga sempat kaget saat mendengar adanya aturan itu.

“Belum belum belum belum. Karena lampiran itu belum banyak orang yang tahu. Dan wapres juga tidak diberi tahu. Makanya wapres kaget itu begitu ada pemberitaan seperti itu. Wapres kaget, kok saya nggak tahu persoalan ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Perpres Bidang Usaha Penanaman Modal yang memuat aturan soal usaha miras menuai kontroversi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut lampiran perpres yang mengatur pembukaan investasi baru industri miras yang mengandung alkohol.

“Bersama ini saya sampaikan, saya putuskan lampiran perpres terkait pembukaan investasi baru dalam industri miras yang mengandung alkohol saya nyatakan dicabut,” kata Jokowi dalam siaran pers virtual.

 80 total views,  3 views today