Visinews – Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto ikut mengomentari batalnya uji coba Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo malam ini. Apa katanya?

Pertandingan uji coba Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo seharusnya digelar di Stadion Madya, Rabu (3/3/2021) pukul 20.00 WIB. Namun kemudian dibatalkan karena kabarnya tak mendapat izin dari kepolisian.

Dilansir sport detik.com “Selama ini yang berkomunikasi langsung soal perizinan kan PSSI ya. Kami hanya memberi rekomendasi saja. Kalau ternyata info tadi belum ada izin saran kami untuk memenuhi yang menjadi ketentuan,” kata Gatot ketika ditemui di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)

Menurut Gatot, PSSI baru meminta surat rekomendasi Kemenpora pada Senin (1/3/2021), kemudian keesokan harinya surat rekomendasi diberikan kepada PSSI.

“Setelah itu tinggal PSSI yang berkomunikasi dengan kepolisian. Kan, bukan kami yang menentukan. Kami menghormati. Otoritas kan di sana (kepolisian). Justru kami terbuka dan legowo apapun yang diputuskan oleh kepolisian. Jadi kalau (alasannya) karena belum ada izin ya jangan dadakan, itu pertama,” ujarnya.

“Yang kedua, itu kan ada tujuh rangkaian, itu tolong pihak PSSI komunikasi dengan kepolisian apakah hanya hari ini yang tidak ada izin atau hari-hari berikutnya juga. PSSI harus menyampaikan secara terbuka kepada publik.”

Lebih lanjut, Gatot meminta agar kasus ini bisa dijadikan pelajaran oleh PSSI, selain juga jangan saling menyalahkan. “Jangan menyalahkan siapapun, apalagi (menyalahkan) kepolisian, karena jika kepolisian tidak mengeluarkan izin pasti ada alasannya. Karena kondisi pandemi seperti ini,” dia menjelaskan.

Ketika ditanya apakah sejak awal tidak ada pembicaraan PSSI dengan kepolisian terkait uji coba. Gatot menjelaskan bahwa koordinasi selama ini hanya berfokus pada turnamen pramusim.

“Ini jadi pelajaran PSSI juga. Jangan menyalahkan apapun. Anggap saja ini jadi catatan yang perlu diambil hikmahnya. Apapun alasannya saya tak tahu persis,” imbuhnya.

 84 total views,  3 views today