Penulis: Dhea Rahma Sari
Mahasiswi ITB VINUS Bogor

Ketika Anda merasa tidak aman, Anda merasakan ketidakbahagiaan dan kegelisahan dalam diri Anda.
Anda merasa terjebak dalam keprihatinan dan keragu-raguan pada diri sendiri.
Itu sebabnya penting untuk mengatasi perasaan insecure atau tidak aman, karena perasaan ini dapat mengganggu kemajuan dan kebahagiaan seseorang dalam hidup mereka.

Namun, mengatasi insecure tidaklah mudah karena dirasa merupakan bagian dari sifat manusia.
Kita semua pernah merasakan insecure. Namun, ini bukan berarti kita tidak dapat melawannya.
Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kepercayaan diri dan menghilangkan perasaan insecure dari dalam diri.

Kenali dan Positifkan Diri Sendiri Kita semua memiliki sisi bagus dan buruk pada diri kita, tetapi upayakan untuk selalu fokus pada sisi positif. Lakukan hal-hal yang Anda sukai dan apa yang membuat Anda merasa nyaman. Ketika Anda melihat sisi positif dari diri Anda, maka perlahan-lahan insecure hilang.

Implementasi Keterampilan dan Tampil dengan Percaya Diri Belajarlah keterampilan-keterampilan baru. Ketika Anda mempelajari suatu keterampilan dan mampu melakukannya dengan baik, Anda akan merasa lebih percaya diri. Berlatihlah terus-menerus dan kemudian tampil di depan publik dengan percaya diri.

Jangan Berfokus pada Kegagalan Hindari fokus hanya pada kegagalan yang pernah Anda alami. Cobalah untuk memikirkan keberhasilan Anda. Jangan biarkan kegagalan mempengaruhi kemampuan, potensi, dan kemajuan Anda.

Bersosialisasi dan Terhubung dengan Orang Lain Bersosialisasi dengan orang lain dapat membuat perasaan insecure menurun. Berbicaralah dengan orang-orang yang Anda percayai dan yang memberikan dorongan positif. Jangan ragu untuk meminta bantuan mereka ketika Anda merasa tidak aman atau insecure.

Bersikap Reda dan Berpikiran Positif Melakukan meditasi dan olahraga dapat membantu menghapus stres dan menjaga pikiran positif Anda. Jangan sampai dikuasai oleh pikiran negatif. Bersikaplah reda dan belajar menerima kenyataan hidup yang terjadi.

Akhirnya, membasmi perasaan insecure tidaklah mudah, tetapi hal ini bisa didapat dengan waktu dan latihan terus-menerus. Anggaplah insecure sebagai tantangan dan tantanglah untuk melawan insecure tersebut. Jadi, jangan pernah merasa insecure dengan diri Anda sendiri, karena semua orang memiliki kelebihan dan mempunyai sisi yang baik. Fokuslah pada sisi positif diri Anda dan jangan ragu untuk mengambil tantangan dalam hidup.

Loading