Halo Sobat Visinews,

Bekerja di rumah merupakan sebuah keniscayaan yang terpaksa harus dijalani selama pandemi ini. Dan memang sampai saat ini belum ada tanda-tanda kapan Covid-19 ini berakhir.

Jika tidak disiasati, bekerja di rumah itu bisa menimbulkan kejenuhan yang luar biasa.

Yang terbiasa bekerja di kantoran dan berkumpul dengan rekan sejawat, kini harus berjauhan.

Guru yang biasa berhadapan dengan murid-muridnya di ruang kelas, kini melalui layar virtual, tugas daring dan luring.

Tentu semua ini menjenuhkan dan bisa membuat stres. Maka diperlukan trik dan tips jitu untuk mengatasinya.

Berikut ini, penulis akan memaparkan Tips dan Trik agar WFH tetap menyenangkan. Di antaranya sebagai berikut :

1. Pertama dan yang paling utama tentu bersyukur kepada Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, yang hingga kini masih memberikan kepada kita kesehatan, kesempatan hidup dan masih memiliki pekerjaan dan aktivitas, sekalipun harus dijalankan di rumah.

Karena di luaran sana, tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan dan tentu kehilangan penghasilan pasca diterpa badai Covid-19 ini.

2. Dengan beraktivitas di rumah, banyak hikmah yang bisa kita petik. Isilah hari-hari tersebut dengan beraktivitas positif bersama anak dan istri, tentu dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan.

3. Di sela aktivitas kerjaan di rumah, selingilah dengan aktivitas lainnya sesuai bakat dan hobi masing-masing. Misalkan dengan bercocok tanam di pekarangan rumah, baik menanam sayuran maupun berbagai jenis bunga.

Menata taman, membuat kolam ikan hias sederhana di depan rumah atau memelihara ikan di aquarium. Tentu menyenangkan dan fresh di hati dan pikiran.

4. Saling membantu pekerjaan rumah tangga, seperti menyapu, mengepel, mencuci piring dan pakaian, memasak di dapur atau pekerjaan lainnya. Pekerjaan yang kesemua itu biasa dikerjakan oleh istri atau oleh asisten rumah tangga, kini coba kerjakan oleh ayah.

Tentu akan menikmati sensansi tersendiri, betapa banyak dan beratnya pekerjaan tersebut. Kini dikerjakan secara bersama. Tentu terasa indah dan nikmat bukan?

5. Ada banyak waktu luang untuk bersama. Hal ini sangat baik untuk mendidik anak di rumah dan melakukan aktivitas lain secara bersama-sama, sehingga seharusnya tidak ada lagi kesulitan yang tidak bisa teratasi.

6. Memperbanyak ibadah sebagai bentuk syukur. Betapa pandemi ini memberikan pelajaran yang luar biasa. Benar apa yang dipesankan Nabi Muhammad sholallahu’alaihi wasalam, diantaranya :

“Jaga sehatmu sebelum datang sakit dan jaga waktu luangmu sebelum sempit”.

Betapa mahalnya nilai sehat dan waktu luang tersebut. Sehingga banyak orang yang sakit, mendambakan hidup sehat dan normal seperti sedia kala.

Pun sama halnya dengan orang yang disibukan dengan pekerjaan kantornya, sangat mendambakan waktu luang untuk berkumpul dan bercengkrama dengan sanak keluarganya di rumah.

Tetap semangat dan jaga pola hidup sehat. Kita sehat, orang di sekitar pun selamat.

 

Penulis : Asep Saepuddin (Anggota KPAD Kabupaten Bogor)

 573 total views,  3 views today