BOGOR, VISINEWS.Net – Kabar ditundanya kembali pembelajaran tatap muka di sekolah bagi para siswa Sekolah Dasar (SD) di 2021 tampaknya menuai respon yang beragam dari berbagai pihak.

” Sedih karena masih ga bisa belajar dikelas.” Ucap Salsabila, murid kelas 5 SD saat ditanyai Visinews.Net (17/1).

” Bingung kalau online, lebih enak di kelas sama temen-temen”. Ucap Jesika, murid kelas 4 SD.

Selain itu, 8 dari 10 siswa juga mengaku mereka merasa kecewa dengan kembali diberlakukannya sekolah online atau daring. Namun disisi lain, melihat angka kenaikan positif covid-19 di Kabupaten Bogor mau tidak mau pembelajaran tatap muka memang belum dapat diberlangsungkan.

Mengingatkan tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai prioritas utama.

Sementara itu, Kemendikbud pun lagi-lagi mengambil dua alternatif untuk melakukan pendidikan jarak jauh (PJJ). Para siswa kembali dihadapkan pada dua pilihan belajar lewat televisi maupun secara daring.

“Kami mengingatkan kembali agar kebijakan pembelajaran tatap muka tetap dilakukan secara berjenjang, mulai dari penentuan pemberian izin oleh pemerintah daerah/kanwil/ Kantor Kemenag, pemenuhan daftar periksa oleh satuan pendidikan, serta kesiapan menjalankan pembelajaran tatap muka,” tutur Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kemendikbud, Jumeri, di Jakarta, Senin (28/12/2020) lalu.

Sementara bagi peserta didik yang mengikuti pembelajaran PJJ bisa mengakses melalui TVRI dan online.

Jadwal BDR TVRI, akan dibagi waktunya sesuai jenjang:

  • Jenjang PAUD tayangan pembelajaran dimulai pukul 08.00 – 08.30 WIB.
  • Jenjang SD kelas 1 pukul 08.30 – 09.00 WIB.
  • Jenjang SD kelas 2 pukul 09.00 – 09.30 WIB.
  • Jenjang SD kelas 3 pukul 09.30 – 10.00 WIB
  • Jenjang SD kelas 4 pukul 10.00 – 10.30 WIB.
  • Jenjang SD kelas 5 pukul 10.30 – 11.00 WIB.
  • Jenjang SD kelas 6 pukul 11.00 – 11.30 WIB.

Selain pembelajaran melalui TVRI, tersedia juga tayangan pembelajaran yang bisa disaksikan di TV Edukasi dan Radio Edukasi.

Televisi dibawah naungan Kemendikbud tersebut dapat diakses pada satelit Telkom-4 frekuensi 4125/V/5500. Jika peserta didik atau pendidik ingin mengakses TV Edukasi secara daring atau online bisa mengakses laman resmi https://tve.kemdikbud.go.id. Ada juga kanal pembelajaran lewat belajar.id. yang bisa diakses para peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan, termasuk melalui aplikasi Rumah Belajar.

Program alternatif ini bertujuan mendukung pendidikan jarak jauh (PJJ) di antaranya melalui program Belajar Dari Rumah ( BDR) yang ditayangkan di Televisi Republik Indonesia ( TVRI) untuk jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD).

 60 total views,  3 views today